Kamis, 04 November 2010

SIM ( Sistem Informasi Manajemen )
Nama                  :        Yenni Rahman
NPM                   :        41208304
Kelas                   :        3DA03

1. Jelaskan mengapa universitas merupakan suatu sistem ?
Jelaskan pula, mengapa universitas merupakan suatu supersistem dan subsistem ?
SISTEM
Universitas merupakan sistem karena sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsure atau variable yang terorganisasi, saling berinteraksi saling tergantung satu sama lain, unsur-unsur yang mewakili suatu sistem. Secara umum adalah masukan (input) yang berupa calon mahasiswa dan dosen, pengelolaan (processing) yang berupa pembelajaran, dan keluaran (output) yang berupa diploma dan sarjana. Karena itulah sistem organisasi universitas mengutamakan pekerjaan-pekerjaan di dalam tim.
 

SUPERSISTEM
ISupersistem jarang digunakan, jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu adalah supersitem.
Contoh lainnya, pemerintah kota adalah suatu sistem, tetapi ia juga merupakan bagian dari sistem yang lebih besar pemerintahan propinsi. Pemerintahan propinsi adalah supersitem dari pemerintahan kota dan juga merupakan subsistem dari pemerintahan nasional. SUBSITEM
Sebenarnya di dalam suatu sistem. Ini berarti sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Universitas adalah suatu sistem yang terdiri sistem-sistem bawahan, seperti sistem pembelajaran, sistem administrasi, dan lain-lain. Masing sistem ini terdiri dari sistem tingkat yang lebih rendah lagi. Misalnya sistem pembelajaran, sistem pembelajaran kombinasi dari sistem yang diterapkan dosen dan sistem informasi pembelajaran dari universitas. Sistem-sistem ini dapat dibagi lagi menjadi sistem tingkat yang lebih rendah atau bagian-bagian elemen, Bagian dari suatu sistem karenanya dapat berupa sistem tingkat yang lebih rendah atau bagian-bagian elemen.
2.    Setiap hari, suatu perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan. Apakah tagihan ini data atau informasi, jelaskan !!

Informasi adalah satu dari 5 jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya, termasuk informasi dapat dikelola. Pengelolaan onformasi semakin penting saat bisnis menjadi lebih rumit dan kemampuan komputer berkembang.
Data adalah keterangan dan nyata; keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis/kesimpulan).
Jadi, tagihan yang dicetak oleh perusahaan untuk masyarakat berupa INFORMASI dan untuk perusahaan adalah DATA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar